05.25
10

GAJAH MADA, amukti palapa

by Renny Masmada ·

GAJAH MADA, mahapatih amangkubumi

oleh Renny Masmada

Kebesaran Majapahit, berarti kebesaran Gajah Mada, patih yang telah mengabdi pada tiga pimpinan pemerintahan selama lebih dari tiga puluh tahun.

Sebagai seorang yang pernah menjabat sebagai Kepala Pengawal Raja pada kesatuan Bhayangkara, Panglima Besar angkatan laut dengan gelar Jaladhimantri, Gajah Mada tetap konsisten pada Sumpah Palapa yang diucapkan di paseban agung Majapahit pada tahun 1334 sebagai Mahapatih Amangkubumi, yaitu:

LAMUN HUWUS KALAH NUSANTARA, ISUN AMUKTI PALAPA. LAMUN KALAH GURUN, RING SERAM, TANJUNG PURA, RING HARU, RING PAHANG, DOMPO, RING BALI, SUNDA, PALEMBANG, TUMASIK, SAMANA ISUN AMUKTI PALAPA.

Yang artinya:

SETELAH TUNDUK NUSANTARA, SAYA AKAN BERISTIRAHAT, SETELAH TUNDUK GURUN, SERAM, TANJUNG PURA, HARU, PAHANG, DOMPO, BALI, SUNDA, PALEMBANG, TUMASIK, BARULAH SAYA BERISTIRAHAT sesuai dengan program politiknya yang tertuang dalam kitab SUTASOMA karya PUJANGGA BESAR BANGSA INDONESIA, RAKAWI TANTULAR, yaitu:

BHINNEKA TUNGGAL IKA tan hana dharma mangrwa.

Filosofi ini yang di kemudian hari menjadi holy-spirit bagi seluruh anak bangsa untuk bersama-sama membangun negara kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini.

Salam Nusantara..!

Tags: ,

One Response to “GAJAH MADA, amukti palapa”

  1. weight loss diet Says:

    This actually is my very start clock time I have haunted this web site. I saw a lot of concerning stuff in your site. From the a lot of comments on your message articles, I guess I am not the only one! continue up the amazing work.

Leave a Reply