03.4
13

Amukti Palapa dan Nilai-Nilai Persatuan

by Renny Masmada ·

AMUKTI PALAPA

Sebagai Tata Nilai Persatuan dan Perdamaian Nusantara Raya

oleh Renny Masmada

Di Pararaton, Amukti Palapa artinya:  mengambil cuti, bebas tugas, pensiun. Lawannya Amukti Wibhawa yang artinya: mengemban tugas, menikmati kekuasaan.

Sumpah Amukti Palapa telah menggetarkan seluruh Nusantara Raya. Samodra biru seperti menggelegak. Pintu langit seperti terbuka. Konsep baru telah lahir yaitu persatuan dan kesatuan bangsa. Gajah Mada telah memperkenalkan pentingnya nilai-nilai persatuan itu. Gajah Mada telah membangkitkan Nusantara Raya dari tidur panjangnya seperti kita lihat dari pidatonya yang berapi-api di tengah paseban agung Majapahit pada saat pengukuhannya sebagai Mahapatih Amangkubumi, tahun 1334.

Dalam kontemplasinya selama bertahun-tahun, Gajah Mada mampu menembus cakrawala masa depan bangsa yang sangat heterogen dan dinamis, yang memiliki berjuta pemikiran karena begitu kompleksnya Nusantara Raya yang begitu luas dikelilingi perairan seperti kolam raksasa dengan berjuta kekayaan sebagai warisan bangsa.

Saat ini, perpecahan yang kerap muncul di sudut teritorial tanah air ini akan menambah daftar panjang kehancuran bangsa yang memang sudah sangat mengkhawatirkan, ditambah kinerja korupsi yang dilakukan oleh para petinggi negara tanpa rasa malu dan terang-terangan.

Lebih dari enam ratus tahun lalu, semangat persatuan nusantara yang dibangkitkan melalui sumpah amukti palapa, telah terbukti mampu merajut tujuh belas ribu lebih kepulauan di nusantara raya menjadi untaian mutu manikam yang hari ini menjadi kebanggaan anak bangsa.

Ketika Sumpah Amukti Palapa mampu kita maknai sebagai holyspirit bangsa ini untuk mempersatukan negeri yang sedang digonjang-ganjing oleh parasit-parasit tak bermoral saat ini, masih ada semangat bagi kita, bangsa Indonesia, untuk bangkit dan terus maju menyongsong kejayaan, kemakmuran yang berkeadilan, tentram, damai dan penuh kepercayaan diri sebagai bangsa besar, yang bermoral, seperti yang dicita-citakan para pendahulu kita, beratus-ratus tahun lalu.

Salam Nusantara..!

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply