06.10
13

Renny Masmada Menggugat..!

by Renny Masmada ·

Logo_RM

bannerWEB_1

Renny Masmada Menggugat..!

aku62a

Betapa kecewanya ketika menonton sinetron Gajah Mada produksi MD Entertainment di MNC, yang ditayangkan setiap hari jam 19.00 wib.

Sinetron ini sama sekali tak mencerminkan keseriusan penggarapan, bahkan terkesan (dan terbukti) sangat dibuat asal-asalan, dan tidak punya tanggungjawab kesejarahan.

Di awal scene memang tertulis ini hanya fiksi (walau cuma beberapa detik), tetapi betapa naifnya ketika isi cerita melibatkan langsung tokoh-tokoh sejarah. Ini preseden buruk bagi rakyat Indonesia. Ini pembodohan sejarah. Tidak menghargai sejarah dan budaya bangsa sebagai kekayaan yang harus dijaga dan dilestarikan.

Seharusnya, penggarapan sinetron ini dilakukan terlebih dahulu melalui riset dan penelitian pada nara sumber yang dapat dipertanggungjawabkan, seperti ilmuwan, para tokoh sejarah, budayawan, Polri/TNI, para tokoh masyarakat, dan nara sumber lainnya.

Gajah Mada adalah tokoh sejarah yang sangat penting bagi perjalanan sejarah bangsa ini.  Banyak produk-produk dan kebijakan politik, kebudayaan, keagamaan, militer, ekonomi, dan lainnya terus up to date dipergunakan sampai hari ini, kesalahan melakukan analisis/hipotesa pasti akan menciptakan penyimpangan yang sangat merugikan bangsa dan Negara di dalam maupun luar negeri.

Produser, penulis skenario, sutradara dan staf artistic/property tampak seperti orang yang bodoh sejarah, garapannya sangat memalukan! MNC sebagai salah satu televisi nasional seperti tidak memiliki staf yang faham sejarah bangsa, sehingga dengan  gampang meluluskan penayangan sinetron  ini. Lebih heran lagi pada Lembaga Sensor yang meluluskan penayangan sinetron ini, apakah Lembaga Sensor tak mampu memaknai kekayaan sejarah bangsa? Atau, apakah mereka semua bukan orang Indonesia, yang seharusnya sangat bangga pada kekayaan budaya sendiri? Atau.., apa memang uang telah membuat semua orang jadi buta?

Untuk itu, saya dengan sungguh-sungguh menghimbau kepada seluruh rakyat Indonesia dan berbagai pihak yang berkepentingan, untuk meminta dan memohon MNC menghentikan penayangan sinetron tersebut di atas, agar cerita ini tidak terlanjur mempengaruhi image masyarakat secara luas.

Terimakasih.

Salam Nusantara..!

ttRMnet

Renny Masmada

Email:

masmada@ymail.com

Twitter:

@rennymasmada

Website:

www.rennymasmada.com

www.filmgajahmada.com

www.patihgajahmada.com

www.tawinusantara.com

Tags: ,

Leave a Reply