07.12
13

Sinetron Gajah Mada Digugat Seniman

by Renny Masmada ·

Dikutip Dari:

Sinetron Gajah Mada Digugat Seniman

CekRicekOleh rizafauzan@cekricek.co.id (Riza Fauzan) | CekRicek – Jum, 7 Jun 2013 09:24 WIB

Jakarta, C&R Digital - Akhir-akhir ini makin banyak sineas Indonesia melirik kisah sejarah kerajaan di negeri ini untuk diangkat ke layar lebar atau televisi.

Salah satu kisah sejarah kerajaan yang rutin setiap hari ditayangkan oleh MNCTV adalah Gajah Mada. Kisah latar belakang sinetron tersebut tentang tokoh besar di zaman kerajaan Majapahit. Namun, menurut salah satu seniman besar negeri ini, Renny Masmada, yang selama 30 tahun telah melakukan riset sosok Gajah Mada merasa kecewa dengan tayangan tersebut.

“Saya sedih melihat tayangan sinetron Gajah Mada produksi MD Entertainment yang ditayangkan oleh MNCTV, kenapa? Karena dalam sinetron tersebut sosok Gajah Mada kebal dengan senjata, alias tidak mempan dibacok, bukan seperti itu sosok Gajah Mada. Bahkan parahnya lagi, ada adegan yang memperlihatkan merk sandal yang dipakai oleh pemain. Kemudian ada beberapa lagi properti yang tidak sesuai dengan zaman Majapahit,” kata Renny kepada C&R Digital di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (5/6) malam.

Renny pun menambahkan, bahwa si pembuat sinetron tidak mempunyai pengetahuan sejarah sosok Gajah Mada dengan baik dan benar.

“Saya tidak tahu siapa yang bodoh dalam hal ini, tapi yang jelas ini pembodohan terhadap anak bangsa, penerus bangsa negeri ini. Sangat memalukan, saya tidak berharap sinetron ini dihentikan penayangannya tapi tolong dikoreksi dengan baik dan benar. Terlebih dalam kredit tittle di awal sinetron terdapat tulisan ini hanya fiksi, kalau memang fiksi yang jangan Gajah Mada judulnya dong,” kata Renny.

Ray Sahetapy dan Pong Harjatmo pun sama-sama geram dengan tayangan tersebut dan mendukung keresahan Renny.

“Manusia yang tidak bisa menghargai bangsa dan negaranya adalah sebuah kejahatan, yang ngurusin negara saat ini tidak perduli dengan rakyat yang sedang menderita. Semua pemimpin di negeri ini mikirin perutnya sendiri saja,” kata Pong.

Ray menambahkan bahwa ini merupakan bentuk dari penghianatan terhadap bangsa.

“Sekarang kita sudah sering menghianati bangsa ini, termasuk sinetron ini,” katanya.

Namun, Renny tidak ingin menggugat secara hukum pihak rumah produksi atau siapapun yang terlibat dengan sinteron Gajah Mada.

“Gajah Mada itu bukan milik saya pribadi, Gajah Mada itu milik bangsa Indonesia. Saya tidak ingin menuntut atau menggugat secara hukum, justru polisi yang seharusnya lebih teliti dan sigap dengan urusan ini. Kenapa? Hari Bhayangkara, yang selama ini digunakan sebagai hari kelahiran Polri, Bhayangkara itu diambil dari sejarah Gajah Mada.

Ketiga seniman besar ini berharap, tidak ada lagi sineas yang teledor membuat karya sejarah negeri ini yang melenceng dari fakta sejarahnya.

Tags: , , , , , , ,

4 Responses to “Sinetron Gajah Mada Digugat Seniman”

  1. pingi Says:

    saya berharap akan ada film yang bisa menceritakan fakta sebenarnya

  2. suhunan sianipar Says:

    saya hampir tiap hari mengikuti seri gadjah mada. apa benar ada yang namanya gadjahmada. memang banyak kekurangan seri ini karena kita memang minim info tentang gadjahmada secara keseluruhan, mulai dari kecil sd dewasanya Gadjahmada. Bahkan kita tak tau dimana mati dan dimakamkan gadjahmada.keberanian pihak MD menerbitkan seri ini cukup berani dan trobosan baru. banyak yg nggak benarnya ya wajarlah krn minim informasi.kasihlah masukan pada MD. apa iya pemeran film gadjah mada tiap hari berkelahi melulu. knp tdk ditampil kegiatan lain dr para pemeran seperti radja, permaisuri, gadjah mada .jadi kita nggak bosen menontonnya. disamping itu MNC tv harus jeli pada jam tayang yang hampir bersamaan ada seri lain seperti sibuta, ciung di indosiar yang juga cukup menarik.juga iklan yg berkepanjangan membuat pamirsa kesal dan pindah ke setri lainnnya.dmkn.

  3. tian Says:

    ini sangat melecehkan mahapatih gajahmada… saya sebagai warga mojokerto majapahit sangat tidak setuju sinetron ini tayang… sangat menyimpang dari kisah aslinya..

  4. romo Says:

    smga film GAJAH MADA yg menceritakan dg fakta lekas dibuat dan ditayangkan di stasiun tv..biar smua tahu dan mengetahui yg sbnarnya

    @lanjutkankrn sdah waktunya

Leave a Reply