03.30
11

Dinasti Yuan

by Renny Masmada ·

Dinasti YUAN

oleh Renny Masmada

Setelah Genghis Khan berhasil menyatukan suku-suku Mongolia, kekhawatiran Tiongkok terhadap kekuatan Mongolia yang terkenal dengan sebutan singa-singa padang rumput itu menjadi kenyataan. Tiongkok dikalahkan.

Setelah hampir seluruh daratan Tiongkok berada di bawah kekuasaan Mongolia, Kaisar Kubilai Khan (Yuan Shi Chou) seorang kerabat Genghis Khan yang kemudian mendirikan dinasti baru, Dinasti Yuan, melakukan ekspansi militer besar-besaran ke berbagai daerah seperti Campa, Kamboja dan Jepang. Cepat atau lambat Tiongkok akan menguasai Asia Tenggara.

Setelah Kubilai Khan mangkat pada tahun 1294 (memerintah sejak tahun 1259), dinasti Yuan mengalami kemunduran tajam. (Berturut-turut kekaisaran dipegang oleh oleh cucunya yaitu Temur Khan dan Jen Tsung pada tahun 1312-1321 dan Tohan Temur).  Bahkan pemberontakan dalam negeri menyita perhatian dinasti Mongolia ini (pemberontakan ini berhasil dengan direbutnya kota Peping pada tahun 1368 oleh Tsyu Yuan Tsyang yang juga bernama Hung Wu, yang kemudian mendirikan dinasti Ming yang sangat populer itu. Sejak tahun 1368 kedinastian Mongolia di bawah kekaisaran Tohan Temur runtuh. Tohan Temur meninggalkan Peking dan berpindah menuju Dolomor).

Krisis pertentangan kedinastian Yuan ini dimanfaatkan oleh Gajah Mada dibantu Adityawarman untuk melakukan diplomasi politik ke Tiongkok, agar menyerahkan seluruh urusan di belahan selatan kepada Majapahit yang mulai tumbuh. Kecerdasan ini membuahkan hasil yang sangat gilang gemilang. Majapahit mempunyai ruang gerak yang sangat luas untuk menerapkan seluruh program politik nusantaranya.

Salam Nusantara..!

Tags: , , , , , , , , , , , ,

One Response to “Dinasti Yuan”

  1. kerajinan kulit ikan pari yogyakarta Says:

    belajar, belajar dan belajar dari tulisan org lain, merasakan manfaat yg lebih setelah membaca psoting anda. slm sukses

Leave a Reply