06.21
11

Catur Prasetya Sebagai Paradigma Moral Polri

by Renny Masmada ·

Amanat Catur Prasetya Sebagai Citra Bhayangkara

oleh Renny Masmada

Lima belas sifat Gajah Mada yang tertuang di naskah Nagarakretagama telah memberikan inspirasi positif bagi perkembangan Kesatuan Bhayangkara di kemudian hari.

Kini, Polisi Republik Indonesia terus tumbuh dan berkembang berdasarkan falsafah Gajah Mada yang tertuang pada Catur Prasetya sebagai paradigma moral Polri.

Semakin luas dan kompleksnya perkembangan permasalahan yang muncul di masyarakat Indonesia, tidak saja di dalam negeri, tetapi yang berada di luar negeri telah memberikan makna betapa Polri harus menjadi institusi yang sangat futuristik mengikuti perkembangan dunia internasional.

Hal ini dapat kita lihat dari kebijakan yang sudah diterapkan oleh Polri dengan menempatkan Liaison Officer atau Senior Liaison Officer di beberapa Negara seperti Australia, Arab Saudi, Filipina, Malaysia, Thailand dan Timor Leste.

Sebagai insan Bhayangkara yang memiliki falsafah Catur Prasetya sebagai paradigma moral Polri yang terambil dari empat sifat Gajah Mada, Polri harus mampu berkembang menjadi institusi yang lebih eksist dan kapabel dari Kesatuan Bhayangkara produk Singasari dan Majapahit lebih dari enam ratus tahun lalu.

Polri, kini harus bekerjakeras mengembalikan citra Bhayangkara sebagai institusi yang berada di garda depan bangsa sebagai negara maritim yang memiliki peluang sangat luas untuk mengembangkan potensi bangsa ini menjadi sumberdaya yang sangat bermanfaat bagi bangsa.

Bangsa yang sudah sangat lelah dijajah oleh seperangkat sistem yang pada akhirnya hanya akan mengeruk sumber daya Negara besar ini bagi kepentingan Negara asing atau sekelompok kecil masyarakat benalu yang hidup di tanah air tercinta ini.

Gagasan dasar Gajah Mada menciptakan Kesatuan Bhayangkara berada di luar wilayah militer saat itu, sampai saat ini terbukti masih sangat ampuh menempatkan konsepsi Bhayangkara menjadi salah satu soko guru institusi yang punya wilayah, kewenangan dan tanggungjawab begitu luas untuk meniadakan segala bentuk gangguan keamanan, menjaga keselamatan jiwa raga, harta benda dan hak asasi manusia, menjamin kepastian berdasarkan hukum dan memelihara perasaan tentram dan damai, sesuai dengan isi validasi Catur Prasetya yang dikukuhkan pada bulan Juni tahun 2004 lalu.

Salam Nusantara..!

Tags: , , , ,

Leave a Reply